Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan

http://sehatnyahidup1.blogspot.com/2015/04/manfaat-lari-pagi-untuk-kesehatan.html

Manfaat lari pagi dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga, anda tidak merasakan repot untuk melakukannya. Lari pagi merupakan olahraga yang paling mudah untuk dilakukan dan tentunya anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya. Berbagai manfaat yang di dapat dengan melakukan lari pagi yang di dapatkan seperti berikut ini :

1. Kesehatan Jantung

Para peneliti menyebutkan bahwa berlari sejauh 16 KM dalam seminggu akan menekan risiko gangguan tekanan darah sampai 39%. Selain itu, gangguan endapan kolesterol bisa dikurangi sampai 34%. Lari pagi membantu mengurangi risiko yang diakibatkan masalah pembuluh darah karena endapat kolesterol seperti penyakit jantung. Selain mengurangi risiko penyakit jantung, olahraga lari dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh dan menurunkan risiko obesitas.

2. Memperkuat Tulang

Para peneliti universitas missouri membandingkan kepadatan tulang dari pelari dan pesepeda. Hasilnya 63% pesepeda memiliki kepadatan tulang yang kurang baik dibandingkan para pelari yang hanya 19%.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Penelitian melibatkan para penderita insomnia yang dilatih untuk rutin melakukan lari pagi, hasilnya mereka mengatasi waktu tidurnya 17 menit lebih cepat. Selain itu mereka mengaku merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya setelah rutin berlari di pagi hari.

4. Tidak Mudah Sakit

Studi yang dilakukan pakar di swedia, menemukan bahwa pelari yang rutin akan terhindar dari sakit flu hingga 18% dibanding mereka yang jarang berlari di pagi hari. Apalagi musim pancaroba yang ada di indonesia, sangat rentan membuat tubuh kita mudah terserang penyakit.

5. Melatih Pernafasan

Sebuah penelitian yang melibatkan para penderita asma, dan kemudian untuk berlari rutin tiap minggu selama 3 bulan. Hasilnya mereka merasa asmanya jarang kambuh setelah rutin lari pagi. Bahkan mereka merasa bernafas menjadi lebih lega.

Sekian informasi dari saya mengenai Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Sehatnya Hidup Itu Indah
Previous
Next Post »