Jenis Batuk Yang Tidak Boleh Diabaikan

http://sehatnyahidup1.blogspot.com/2015/04/jenis-batuk-yang-tidak-boleh-diabaikan.html
Jangan mengabaikan kondisi batuk begitu saja tanpa mengobatinya atau memeriksakannya ke dokter, karena batuk bisa jadi merupakan gejala penyakit tertentu. Waspadai batuk yang disertai dengan beberapa kondisi seperti sesak nafas, dahak berlebihan dan lain lain.
  • Batuk yang disertai kelelahan, nyeri dada, batuk darah, suara serak, atau sesak nafas
Kondisi tersebut bisa saja gejala kanker paru paru. Segera periksa ke dokter untuk mendapatkan tes diagnostik seperti X-ray, CT scan, MRI, dan tes darah untuk memastikan penyakit yang mendasarinya dan memperoleh pengobatan sesegera mungkin. 

  • Batuk kering disertai dengan sesak nafas
Kemungkinan penyebabnya adalah penyakit paru paru obstruktif kronis, yaitu suatu kondisi yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema yang disebabkan karena merokok. Dokter mungkin akan melakukan tes untuk mengukur kapasitas paru paru dengan menerapkan x ray pada dada.
  • Batuk yang disertai dengan sakit maag yang terjadi lebih dari dua kali seminggu
Kondisi ini mungkin disebabkan oleh Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), suatu kondisi sakit maag kronis. Dokter akan meresepkan antasida dan obat yang menghambat produksi asam lambung serta merekomendasikan pemeriksaan gastroscopy untuk menilai kerusakan pada kerongkongan.
  • Batuk Setelah Minum Obat
Sekita 5 dari 10 orang yang mengambil obat sejenis inhibitor ACE, mengalami efek samping seperti batuk kering. Konsultasikan kepada dokter apakah ada obat lain yang tidak memiliki efek samping menyebabkan batuk.

  • Batuk disertai tenggorokan kering, pilek, hidung sengau, atau dahak yang berlebihan
Kondisi ini bisa saja karena alergi atau infeksi sinus. Periksalah ke dokter untuk mendapat obat alergi atau jika penyebabnya sinus, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik.

  • Batuk di malam hari disertai lendir dan berakhir dengan mengi atau suara serak
Kemungkinan hal ini disebabkan oleh asma sehingga anda perlu menemui dokter untuk mendapat resep obat bronkodilator atau obat kortikosteroid yang dihirup untuk mengontrol asma.

Sekian informasi tentang Jenis Batuk Yang Tidak Boleh Diabaikan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk kita semua. Sehatnya Hidup itu indah.
Previous
Next Post »