Dampak Karena Sering Begadang

Sekarang begadang sudah menjadi kebiasaan orang masa kini. Banyak alasan kenapa seseorang begadang, seperti main game, kerja lembur, nonton tv, dan lain sebagainya.

http://sehatnyahidup1.blogspot.com/2015/04/dampak-karena-sering-begadang.html

Perlu anda tahu, jika kebiasaan begadang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Setelah menghabiskan waktu seharian untuk beraktivitas, tentunya tubuh anda butuh waktu yang cukup untuk istirahat. Idealnya harus memiliki waktu 8 jam untuk tidur seriap harinya.

  • Melemahkan Saraf
Kurang tidur dan tidur di jam jam yang tidak wajar akan mempengaruhi sistem saraf pusat. Akibatnya, sistem saraf akan semakin lemah, begitu juga refleks anda. Tidak hanya itu, penelitian juga mengungkap bahwa jika begadang dijadikan pola hidup rutin, lama kelamaan efeknya akan menumpuk dan bisa mengurangi harapan hidup anda.

  • Hipertensi
Orang yang sering begadang biasanya memiliki tingkat stres yang tinggi. Hal ini dikarenakan fisik dan pikiran mereka tidak mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat. Akibatnya, stres yang berkepanjangan cenderung memicu Hipertensi yang kronis.

  • Sakit Kepala
Sedikit demi sedikit bagian sel otak akan mengalami masalah karena tidak cukup istirahat. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa kurang tidur memiliki efek seperti terkena benturan pada kepala.

  • Stroke
Kebanyakan orang tetap bangun pagi meski sebelumnya tidur larut malam. Hal ini membuat mereka hanya memiliki sedikit waktu beristirahat. Kurang istirahat bisa memberikan tekanan pada jantung dan berujung pada stroke atau serangan jantung.

  • Penyakit Jantung
Kebiasaan tidur terlalu malam akan membuat orang lebih rentan terkena penyakit jantung. Saat ini penyakit jantung sering terjadi karena kurang tidur.

  • Diabetes
Begadang juga merusak keseimbangan hormon tubuh Anda. Hal ini dapat membuat Anda tidak toleran terhadap glukosa karena jumlah insulin dalam tubuh Anda menurun. Alhasil, Anda akan beresiko terkena diabetes.

  • Susah Tidur Lebih Awal
Ketika seseorang sudah terbiasa begadang, otomatis jam tidur mereka lama kelamaan akan menyesuaikan. Dengan begitu, mereka akan lebih sulit tidur lebih awal. Jadi, butuh proses yang tidak sebentar untuk mengembalika jam tidur seperti semula.

  • Obesitas 
Tidur kurang dari enam jam semalam akan mengganggu metabolisme tubuh. Akibatnya, tubuh akan lebih cepat menyimpan lemak dan membuat orang cepat gemuk. Selain itu, orang yang seringkali begadang biasanya suka mengonsumsi makanan yang memiliki banyak lemak, sehingga membuat lebih cepat bertambahnya berat badan. Baca juga Bahaya Obesitas.

  • Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sering begadang tidak hanya merusak sel orak melainkan menghancurkan sel darah putih yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa sering tidur larut malam akan melemahkan imunitas tubuh dan membuat orang lebih mudah terserang penyakit.

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan tentang  Dampak Karena Sering Begadang. Jika begadang sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa dihindari, lebih baik barengi dengan kebiasaan yang lebih sehat, seperti mengatur pola makan penuh nutrisi dan rajin olahraga. Sehatnya Hidup itu indah.
Previous
Next Post »